Rabu, 30 Januari 2013

métodos de aprendizagem (metode pembelajaran)


Membicarakan masalah tentang metode guru mengajar yang diinginkan, banyak siswa yang kadang suka tertekan atau mengeluh mengikuti metode pembelajaran yang tidak disukainya. Siswa juga suka merasa bosan kalau metode mengajar yang diajarkan monoton atau itu-itu aja, apalagi kalau cara yang diajarkan bersifat jayus atau yang membuat kita tidak senang atau tidak nyaman.
Cara mengajar tiap guru memang berbeda-beda, misalnya ada guru yang cara mengajarnya sambil bermain dan cara belajarnya yang sesuai bakat dan keterampilan masing-masing lalu adapula yang cara mengajarnya serius sampe kadang-kadang suka bosan. Ada juga yang terlalu banyak aturan.
Menurut saya pribadi, saya lebih suka metode guru mengajar yang sebagai berikut :

¤    Guru harus menciptakan suasana kondusif, kohesif, dinamis, interaktif, partisipatif, dan saling menghargai satu sama lain supaya nyaman di dalam kelas.

¤    Guru jangan membuat siswa tertekan dengan apa yang diajarkan.

¤    Sebaiknya, jikalau guru sedang mempunyai masalah atau sedang tidak mood mengajar. Jangan melampiaskan atau meluapkan dengan marah-marah atau apapun supaya siswa di kelas tidak merasa takut.

¤    Sering sering membuat games tapi jangan terlalu sering karena kita juga akan merasa bosan.

¤    Seandainya sedang menyampaikan bab dalam suatu pelajaran, tunggu sampai siswa benar-benar memahami bab yang sedang dibahas, supaya pada saat ulangan bisa mengajarkan.

¤    Saling pengertian antara murid dan guru. Misalnya dalam suatu jam pelajaran kita boleh cerita-cerita atau konsultasi tentang hal apapun jika jam pelajaran sudah habis.

¤    Kadang-kadang mengadakan jam pelajaran berada di suatu tempat yang nyaman seperti tidak berada di dalam kelas saja.

¤    Jangan terlalu menekan siswa sesuai kemauan guru, melakukan kesepakatan itu lebih baik.

¤    Jangan memberikan tugas terlalu berat dan banyak.

¤    Sesekali mengadakan suatu hiburan dalam kelas. Misalnya setelah ulangan harian, jam pelajaran selanjutnya menonton film yang dapat memotivasi murid atau film yang lucu-lucu.
Mungkin itu saja pendapat saya tentang metode guru mengajar yang diinginkan. Dalam metode pembelajaran itu juga dan dalam memahami suatu pelajaran itu tergantung dari diri kita masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar