Minggu, 31 Maret 2013

Jika merasakan kurikulum 2013.

Sebelumnya saya belum mengetahui kalau tahun 2013 ini Menteri Pendidikan telah merubah kurikulumnya dari tingkat SD sampai SMA/SMK dari tahun yang lalu. Kurikulum di tingkat SMA yaitu :
1. Tidak ada penjurusan.
       Menurut saya sih sebenarnya nyaman nyaman saja karena semua mata pelajaran bisa diketahui sampai kelas 3 nantinya. Namun kerugiannya murid bisa capek dengan 3 tahun yang banyak pelajarannya. 
2. Penjurusan sesuai minat.
       Menurut saya, itu enak sekali karena bisa fokus dengan satu pelajaran yang diminatinya hingga 3 tahun kedepan dan tidak membebani otak dengan mata pelajaran yang banyak. 
3. Pramuka menjadi ekskul wajib.
       Sebenarnya bagus supaya murid menjadi disiplin dengan diajarkan Peraturan Baris-Berbaris. Namun yang tidak enaknya tidak bisa memberi kesempatan bagi ekskul yang lainnya sehingga murid bisa bosan dengan ekskul yang monoton saja.
4. 20 paket soal UN.
       Hmmm gakira-kira kalo saya bisa merasakan UN kaya gitu. tapi, kalo saya belajar dengan sungguh-sungguh saya pasti bisa.

langsung kesimpulannya aja. jika saya merasakan kurikulum tahun 2013 ada sukanya ada dukanya. sukanya mungkin lebih enteng membawa tas kesekolah dan tidak berat lagi. pelajaran lebih tidak membebani otak lagi dengan banyak tugas ini itu. dukanya mungkin tidak merasakan penjurusan seperti tahun tahun yang lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar