Jumat, 01 Maret 2013

Jawaban Essay UH 2 -Pendapatan Nasional

  1. Untuk apa ya pendapatan nasional harus dihitung ?
  2. Bagaimanakah pendapatan perkapita Indonesia ? Coba cari data di internet dan beri penjelasan tentang pendapatmu!
  3. Carilah perbandingan perndapatan perkapita negara-negara di ASEAN (Jangan lupa cantumkan sumbernya), lalu berikan analisanya !
  4. Jelaskan hubungan pendapatan nasional, jumlah penduduk, dan pendapatan per kapita.
Jawaban :
1. Untuk mengetahui pendapatan dari suatu negara secara keseluruhan.

2. Pendapatan perkapita di Indonesia berpotensi meningkat dua kali lipat dalam lima tahun karena perubahan    konsumsi ke investasi serta pendapatan kelas menengah.

3. Negara Singapura masih menjadi negara dengan pendapatan perkapita tertinggi di ASEAN dengan US$ 57,238, disusul dengan Brunei dengan pendapatan US$ 47,200. Di urutan ketiga Malaysia dengan pendapatan perkapita US$ 14,603. Di urutan keempat Thailand dengan pendapatan perkapita US$ 8,643. Disusul Indonesia dengan pendapatan perkapita US$ 2,435. Diurutan keenam Philippines dengan pendapatan perkapita US$ 3,725. Vietnam berada diurutan selanjutnya dengan pendapatan perkapita US$ 3,123. Di urutan kedelapan, laos dengan pendapatan perkapita US$ 2,435. Burma berada pada urutan ke sembilan dengan pendapatan perkapita US$ 1,900. sedangkan negara Kamboja menjadi negara dengan pendapatan perkapita terendah di ASEAN.

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_GDP_(PPP)_per_capita


4. Pendapatan perkapita didapatkan dari Pendapatan Nasional. Pendapatan Nasional didapatkan dari pendapatan para penduduk. Jika Pendapatan Penduduk turun maka Pendapatan Perkapita ikut turun dan Pendapatan Nasional ikut turun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar