Minggu, 16 September 2012

Essay Ekonomi UH 1 kelas X


Pertanyaan :
  1. Kebutuhan Anda sebagai siswa!
  2. Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
  3. Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini !
  4. Menurut Anda, Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa? Berikan penjelasan !
       Jawaban :
1.      Kebutuhan saya sebagai siswa yaitu :
a.       Pendidikan
b.      Seragam, sepatu
c.       Buku Pelajaran
d.      Alat Tulis
e.       Hiburan

2.      Dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada atau menciptakan hal hal yang baru yang bisa memenuhi kebutuhan.

3.      Waktu itu saya ingin membeli novel tetapi saya juga ingin membeli perlengkapan sekolah. Saya bingung ingin membeli yang mana sementara jumlah harganya hamper sama. Lalu saya membeli perlengkapan sekolah karena lebih membutuhkan daripada novel. Barang yang saya pilih yaitu perlengkapan sekolah di sebut juga dengan ‘biaya peluang’ implisit sedangkan barang yang tidak saya pilih yaitu novel disebut dengan eksplisit.

4.      Menurut saya Indonesia menganut sistem ekonomi campuran karena pemerintah dan masyarakat saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi dan memeberikan kebebasan kepada masyarakat untuk berusaha sendiri namun dengan batasan-batasan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar